Wednesday, March 18, 2015

Fungsi CELL Ms Excel

Fungsi CELL pada Microsoft Excel menampilkan informasi sel sesuai dengan tipe info.

Deskripsi
Dengan fungsi CELL Anda bisa mengetahui di mana lembar kerja Anda disimpan (lengkap dengan letak drive-nya), mengetahui apakah suatu cell berisi huruf atau angka, mengetahui posisi baris cell dan posisi kolom suatu cell.

Penulisan rumus
=CELL("tipe_info"; sel)

tipe_info: kata kunci yang dikenal Ms. Excel disebut sebagai referensi.
sel: sel dimaksud.
; (titik koma sebagai pembatas rumus).

Tipe info
Berikut beberapa tipe info dan informasi yang dihasilkan:
address : mengembalikan informasi posisi sel.
col : mengembalikan informasi posisi sel dalam kolom.
prefix : mengetahui rata sel, apakah rata kiri, tengah atau kanan. Rata kiri disimbolkan dengan ('), tengah (^), kanan (").
row : mengembalikan informasi posisi baris sel.
type : mengetahui tipe data dalam sel, jika angka (v), huruf-angka (I), jika sel kosong (b).
filename : mengetahui lembar kerja tersimpan di folder (drive) mana.
content : mengambil isi sel (hasil rumus), bukan rumusnya.

Contoh
Gunakan fungsi CELL sesuai tipe info pada data berikut:

Contoh data untuk fungsi CELL.
Ket: sel A8 bukan diketik "BANGUN PAGI", tetapi dengan rumus: =UPPER(bangun pagi)

Maka rumusnya adalah:

1. Rumus pertama, klik sel C2 dan ketik rumus: =CELL("address";A2) kemudian Enter.
2. Rumus kedua, klik sel C3, rumus: =CELL("col";A3)
3. Rumus ketiga, klik sel C4, rumus: =CELL("prefix";A4)
4. Rumus keempat, klik sel C5, rumus: =CELL("row";A5)
5. Rumus kelima, klik sel C6, rumus: =CELL("type";A6)
6. Rumus keenam, klik sel C7, rumus: =CELL("filename";A7)
7. Rumus ketujuh, klik sel C8, rumus: =CELL("contents";A8)

Ket 2: khusus rumus keenam sel A7 boleh diganti dengan sel manapun.

Hasil akhir:

Tampilan akhir.
Referensi tulisan:
  1. CELL function; support.office.com, diakses 18 Maret 2015.

No comments:

Post a Comment