Thursday, January 22, 2015

Fungsi COUNTIF Ms Excel

Fungsi COUNTIF pada Microsoft Excel digunakan untuk menghitung baris data jika memenuhi syarat yang ditentukan. Contoh; hitung berapa banyak nilai A dari sekumpulan data, berapa banyak B dan juga C. Maka digunakan fungsi COUNTIF.

Penulisan rumus: =COUNTIF(range; kriteria)

range: data nilai yang akan diseleksi (misalnya mulai awal sampai akhir)
kriteria: yang menjadi patokan untuk data yang akan dihitung, dalam hal ini "A", "B" dan "C".

Contoh kasus: Hitung berapa data yang nilai "A", "B" dan "C" dari data berikut:

Contoh data untuk fungsi COUNTIF.
Maka rumusnya adalah:

1. Jml nilai A, klik sel B14 dan ketik rumus: =COUNTIF(A2:A12;"A") kemudian Enter.

cara penulisan rumus: Klik sel B14, ketik =COUNTIF( kemudian seleksi (sorot) mulai sel A2 sampai A12, titik koma, dan ketik "A", beri tutup kurung. Perhatikan, "A", huruf A diberi tanda kutip karena menandakan huruf, jika angka tak perlu.

2. Jml nilai B, klik sel B15 dan ketik rumus: =COUNTIF(A2:A12;"B")
3. Jml nilai C, klik sel B16 dan ketik rumus: =COUNTIF(A2:A12;"C")

Contoh penulisan rumus:

Tekan Enter untuk melihat hasil.
Selamat mencoba!

1 comment:

  1. terima kasih infonya
    penjelasan countif excel nya menarik
    bisa langsung dipraktekkan

    ReplyDelete