Tuesday, January 6, 2015

Fungsi YEAR Ms Excel

Fungsi YEAR digunakan untuk mencari selisih tahun dari 2 tanggal berbeda, tentunya tanggal pengurang harus lebih tinggi dari tanggal yang dikurangkan, jika tidak hasilnya minus.

Penulisan rumusnya: =YEAR(tanggal_pengurang)-YEAR(tanggal_dikurang)

tanggal_pengurang: tanggal yang menjadi patokan sebagai pegurang.
tanggal_dikurang: tanggal yang akan dikurangkan.

Berikut adalah contoh data untuk fungsi YEAR; mencari lama kerja dalam tahun:

Contoh data fungsi YEAR.
Catatan: Penulisan tanggal di atas seperti apa yang Anda lihat dengan mengetik tanggal terlebih dahulu diikuti garis miring kemudian bulan, garis miring lagi kemudian tahun. Jika Anda ingin merubah bentuk tampilan tanggal klik kanan di atas tanggal pilih Format Cells..., di bagian kiri pilih Date dan di bagian kanan pilih format yang Anda inginkan, terakhir klik OK.

Yang pertama yang Anda perhatikan adalah letak sel tanggal pengurang yaitu sel D7. Maka, sel D7 menjadi patokan untuk pengurangan tanggal masuk kerja. Maka rumusnya adalah:

1. Lama kerja baris pertama, letakkan kursor di sel B2 dan ketik rumus: =YEAR(D7)-YEAR(A2) kemudian Enter.
2. Baris kedua letakkan kursor di B3, rumus: =YEAR(D7)-YEAR(A3)

 Jika Anda sudah paham dengan konsepnya dan Anda lihat tanggal pengurang bernilai tetap (konstan) maka sel D7 pada rumus dibuat konstan, caranya:

3. Baris ketiga letakkan kursor di B4, pertama ketik =YEAR(D7) kemudian tekan F4 (tombol keyboard) kemudian sambung lagi rumusnya: -YEAR(A4)
4. Untuk baris keempat dan kelima Anda tinggal menarik tanda hitam tebal di pinggir kanan sel B4 untuk mendapatkan rumus otomatis:

Tarik sampai sel B6.
Maka hasil akhirnya adalah:

Simpan hasil kerja Anda sebelum menutup Ms Excel.
Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment