Friday, February 13, 2015

Fungsi IF RIGHT Ms Excel

IF dalam bahasa Indonesia artinya jika. Jika di sini merujuk kepada kondisi apakah terpenuhi, maka nyatakan sesuatu atau tampilkan hasil, jika tidak tampilkan juga hasilnya (jika dibutuhkan). RIGHT merupakan fungsi untuk mengambil karakter dari sembarang sel yang berada di bagian kanan ke kiri. Jika ingin mengambil 2 karakter maka fungsi RIGHT-nya 2. IF RIGHT berarti menguji kondisi terpenuhi atau tidak dengan fungsi IF berdasarkan kondisi hasil fungsi RIGHT.

Penulisan rumus: =IF(RIGHT(sel_kode; jml_char)=kondisi; terpnuhi; tdk_trpenuhi)

sel_kode: sel yang akan diuji dan diambil beberapa karakter darinya oleh fungsi RIGHT.
jml_char: jumlah karakter yang diambil dari sel kode dengan fungsi RIGHT.
= (sama dengan): sebagai operator penguji. Bisa juga yang lain seperti >, <, >= dan sebagainya.
kondisi: ketentuan yang menjadi patokan untuk dipenuhi.
terpnuhi: hasil (pernyataan) jika kondisi terpenuhi.
tdk_trpenuhi: hasil (pernyataan jika tidak terpenuhi, tidak harus ada. Ini tidak harus ada, bisa dikosongkan. Di bagian ini juga Anda bisa membuat perbandingan baru.

Contoh kasus: Gunakan fungsi IF RIGHT untuk menentukan Kota dari sel Kode, 3 karakter diambil dari kanan. Misal: JKT berarti Jakarta.

Contoh data IF RIGHT.
Rumus:

1. Versi sederhana: klik sel B2 dan ketik rumus: =IF(RIGHT(A2;3)="JKT";"Jakarta") kemudian Enter. Hasilnya Jakarta. Sekilas rumus ini terlihat sudah benar, tetapi tidak efektif sebab kode 3 karakter (seperti JKT, MDN) tidak sama. Artinya, di setiap baris harus ketik rumus lagi. Misalnya baris kedua: =IF(RIGHT(A2;3)="BDG";"Bandung")

2. Solusinya adalah dengan menguji Kode sekaligus (disebut juga rumus multi IF). Rumusnya berubah menjadi: =IF(RIGHT(A2;3)="JKT";"Jakarta";IF(RIGHT(A2;3)="BDG";"Bandung";IF(RIGHT(A2;3)="MDN";"Medan";IF(RIGHT(A2;3)="JYP";"Jayapura";"Makassar"))))

Tata cara penulisan rumus: Klik sel B2 dan ketik =IF(RIGHT( kemudian klik sel A2, titik koma, ketik 3, titik koma, ketik 3, tutup kurung. Beri sama dengan (=), nyatakan kondisi ("JKT"), titik koma, nyatakan hasil/pernyataan ("Jakarta"). Setelah itu titik koma, ketik IF, buka kurung...dan selanjutnya. Lanjutkan pengujian Kode berikutnya seperti rumus kedua.

Jika Kode ada 5 buah (seperti soal di atas; JKT, MDN dan lainnya) maka fungsi IF cukup 4, karena jika bukan yang 4 pasti yang kelima. Langsung beri hasil, "Makassar", perhatikan lagi rumus kedua.

Untuk data berikutnya, Anda tidak perlu lagi mengetik ulang rumus, tetapi cukup memanfaatkan Copy Cells.., caranya:

- Arahkan kursor ke pinggir kanan bawah sel B2, sehingga kursor berubah menjadi + (plus hitam).
Plus hitam.
- Klik kiri tanda plus dan tahan kemudian geser sampai ke sel B6.

Klik-tahan-geser.
-Hasil akhir:

Hasil akhir.
- Silahkan dicoba.

2 comments: