Wednesday, February 18, 2015

Fungsi CONCATENATE VLOOKUP Ms Excel

CONCATENATE digunakan untuk menggabungkan karakter string. VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data berdasarkan kode dari tabel bantu dengan data orientasi vertikal. CONCATENATE VLOOKUP berarti menggabungkan karakter string hasil seleksi VLOOKUP.

Format penulisan rumus: =CONCATENATE(VLOOKUP(fungsi(seleksi); seleksi_tbl_bntu; klom_data); karakter_string_lain...)

fungsi: fungsi seleksi yang digunakan, misalnya LEFT, MID atau RIGHT.
seleksi: karakter yang diambil merujuk ke salah satu fungsi yang digunakan.
seleksi_tbl_bntu: seleksi tabel bantu untuk mendapatkan data yang diinginkan.
klom_data: letak kolom data yang diinginkan.
karakter_string_lain...: string selanjutnya dalam fungsi CONCATENATE.

Contoh kasus: Tentukan Tujuan dari jurusan penerbangan dari Kode sebagai berikut:

Data untuk CONCATENATE VLOOKUP.
Perhatikan Kode tujuan pada soal, kemudian perhatikan Kode pada Tabel bantu. 3 karakter pertama diambil setelah karakter FL- pada Kode tujuan. 3 karakter selanjutnya yang menjadi patokan 3 karakter sebelah kanan dari Kode tujuan pada soal. Disimpulkan, fungsi seleksi yang digunakan adalah fungsi MID dan fungsi RIGHT.

Maka rumusnya adalah:

1. Tujuan pertama, klik sel B2 dan ketik rumus: =CONCATENATE(VLOOKUP(MID(A2;4;3);C9:D13;2;FALSE);"-";VLOOKUP(RIGHT(A2;3);C9:D13;2;FALSE)) kemudian Enter.

tata cara penulisan rumus: klik sel B2 dan ketik =CONCATENATE(VLOOKUP(MID( kemudian klik sel A2, beri titik koma, ketik 4, titik koma, ketik 3, beri tutup kurung. Titik koma lagi, seleksi sel C9 sampai D13, titik koma, ketik 2, titik koma, ketik FALSE, titik koma dan selanjutnya.

penjelasan: Angka 4;3 pada MID artinya mengambil karakter ke-4 dari kiri dan mengambil 3 karakter setelahnya. FALSE artinya memastikan Kode tujuan yang diseleksi sama persis dengan Kode di Tabel bantu. Karakter "-" berfungsi sebagai karakter sambung, rumus di atas menghasilkan: Padang-Jakarta. Karakter "-" sebagai penghubung kota Padang dan Jakarta.

2. Jika masih dalam tahap belajar rumus Tujuan kedua klik B3 dan ketik rumus: =CONCATENATE(VLOOKUP(MID(A3;4;3);C9:D13;2;FALSE);"-";VLOOKUP(RIGHT(A3;3);C9:D13;2;FALSE))

Namun, mengetik rumus satu persatu sampai ke bawah sungguh melelahkan apalagi jumlah data sampai ratusan baris, Anda dapat memanfaatkan fitur Copy Cells... (rumus otomatis).

Caranya: klik sel B3 dan ketik =CONCATENATE(VLOOKUP(MID(A3;4;3);C9:D13 kemudian tekan F4 pada keyboard selanjutnya ketik lagi: ;2;FALSE);"-";VLOOKUP(RIGHT(A3;3);C9:D13 dan ketik lagi: ;2;FALSE)) dan Enter, hasilnya: Padang-Medan.

Selanjutnya, arahkan kursor ke pinggir kanan bawah sel B3 sampai kursor berubah menjadi plus hitam (+).

Tanda plus hitam.
Klik kiri dan tahan kemudian geser sampai sel B5. Hasilnya:

Klik tahan dan geser.
Hasil akhir:

Hasil akhir.
Jika Anda merasa kesulitan dengan cara di atas berikut rumus manual untuk tujuan ketiga dan keempat, penulisannya dengan rumus pada nomor 1:

3. Tujuan ketiga, klik sel B4 dan ketik rumus: =CONCATENATE(VLOOKUP(MID(A4;4;3);C9:D13;2;FALSE);"-";VLOOKUP(RIGHT(A4;3);C9:D13;2;FALSE))

4. Tujuan keempat, klik sel B5 dan ketik rumus: =CONCATENATE(VLOOKUP(MID(A5;4;3);C9:D13;2;FALSE);"-";VLOOKUP(RIGHT(A5;3);C9:D13;2;FALSE))

Selamat mencoba!

1 comment: