Monday, February 2, 2015

Fungsi HLOOKUP VALUE Ms Excel

HLOOKUP pada Microsot Excel digunakan untuk mendapatkan data dari tabel bantu yang sifatnya horizontal (ke kanan) dengan paramater kode unik (id). VALUE digunakan untuk mengkonversi sebuah karakter dalam data string ke dalam bentuk angka. Untuk contoh, kita gunakan HLOOKUP VALUE RIGHT.

Format penulisan rumus: =HLOOKUP(VALUE(RIGHT(sel_kode; jml_char)); seleksi_tbl_bantu; brs_data)

sel_kode: letak sel kode unik (id) yang menentukan data setelahnya. Misalnya, NIP menentukan nama pegawai. Contoh lain dalam sepakbola, nomor punggung 1 biasa dipakai kiper, nomor 7 sering dipakai gelandang serang.
jml_char: berapa karakter yang diambil dari kanan (ke kiri).
seleksi_tbl_bantu: Seleksi tabel bantu untuk mendapatkan data yang diinginkan.
brs_data: Di baris ke berapa data yang diinginkan berada.

Contoh kasus: Tentukan nama pemain dan posisi berdasarkan nomor punggung sebagai berikut:
Contoh data untuk HLOOKUP VALUE RIGHT.
Anda perhatikan Tabel bantu, yang menjadi parameter nama dan posisi adalah satu karakter angka berupa nomor punggung yang dianggap sebagai Kode. Untuk mencari Nama Pemain dan Posisi di soal tidak cukup dengan HLOOKUP RIGHT, tetapi perlu fungsi VALUE untuk mengkonversi angka 1 atau lainnya di karakter Arsenal-1 atau lainnya ke dalam bentuk angka.

Jika angka 1 atau lainnya diganti dengan karakter string maka tak perlu penggunaan fungsi VALUE. Karakter string artinya gabungan huruf dan angka. Angka 1 atau lainnya (setelah Arsenal- di soal) bukan string tetapi murni angka, maka perlu disertakan fungsi VALUE. Angka 1 atau lainnya didapat dengan fungsi RIGHT.

Maka rumusnya adalah:

1. Nama pemain pertama, klik sel B2 (di soal) dan ketik rumus: =HLOOKUP(VALUE(RIGHT(A2;1));B8:E10;2;FALSE) kemudian Enter.

Tata cara pengetikan rumus: Klik sel B2 dan ketik =HLOOKUP(VALUE(RIGHT( kemudian klik sel A2, beri titik koma, ketik 1, beri tutup kurang dua kali. Beri titik koma, sorot (seleksi) Tabel bantu mulai dari sel B8 sampai E10, beri titik koma, ketik 2, beri tutup kurung.

Penjelasan rumus: Tutup kurung dua kali; satu penutup untuk VALUE dan satu lagi untuk RIGHT. Angka 1 pada A2;1 berarti mengambil 1 karakter dari kanan. Angka 2 pada B8:E10;2 artinya mengambil data di baris ke-2 di Tabel bantu. FALSE untuk memastikan karakter Kode di soal yang diambil sama persis dengan di tabel bantu.

2. Nama pemain kedua, klik sel B3 dan ketik: =HLOOKUP(VALUE(RIGHT(A3;1));B8:E10;2;FALSE)
2. Nama pemain ketiga, klik sel B4 dan ketik: =HLOOKUP(VALUE(RIGHT(A4;1));B8:E10;2;FALSE)
2. Nama pemain keempat, klik sel B5 dan ketik: =HLOOKUP(VALUE(RIGHT(A5;1));B8:E10;2;FALSE)

Untuk mencari Posisi tinggal merubah angka 2 dengan angka 3 setelah menyorot tabel Tabel bantu, karena data posisi di Tabel bantu ada di baris ke-3. Maka rumusnya adalah:

1. Posisi pemain pertama, klik sel C2 dan ketik rumus: =HLOOKUP(VALUE(RIGHT(A2;1));B8:E10;3;FALSE)
2. Posisi pemain kedua, klik sel C3 dan ketik rumus: =HLOOKUP(VALUE(RIGHT(A3;1));B8:E10;3;FALSE)
3. Posisi pemain ketiga, klik sel C4 dan ketik rumus: =HLOOKUP(VALUE(RIGHT(A4;1));B8:E10;3;FALSE)
4. Posisi pemain keempat, klik sel C5 dan ketik rumus: =HLOOKUP(VALUE(RIGHT(A5;1));B8:E10;3;FALSE)

Contoh penulisan rumus Posisi pemain pertama:

Contoh penulisan rumus.
Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment